Ketum KONI Pusat Tono Suratman foto bersama Atlet peraih Penghargaan KONI Award tahun 2017 di Hotel Bidakara Jakarta.
Kegiatan Rangakaian HUT ke-79 KONI
ZIARAH (Rabu, 11 Oktober 2017) Wakil IV Ketua Umum KONI Pusat K. Inugroho bersama para Pengurus dan Karyawan/ti ziarah di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.
Seminar Nasional Pembangunan Olahraga Nasional di Lemhannas RI, Jakarta.
Rapat Koordinasi dan Konsultasi KONI Pusat tahun 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta.
KONI Pusat Audensi dengan Wapres
(Jakarta, 9/2/2016). Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman dan Jajarannya Audensi dengan Wakil Presiden Yusuf Kalla
SYUKURAN HUT KONI KE-78
(Jakarta, 19/10/2016). Syukuran HUT KONI dilaksanakan melalui potong tumpeng secara sederhana yang dihadiri oleh Wakil Ketua KOI, Ketua Prima, Dirut PPK GBK dan para Waketum KONI Pusat
Pengurus KONI 2015-2019
(Jakarta 11/01/16). Kerja Cerdas, Kerja Keras, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas
Waketum IV KONI Pusat bersama Delegasi Corcom 4 Bali Pada tanggal 11 Mei 2016

(JAKARTA, 25/11/2017). Bimbingan teknis media olahraga  mendukung pencapaian prestasi olahraga nasional memiliki nilai strategis bagi Komite Olahraga Nasional (KONI) Pusat setelah lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.

 

KONI Pusat yang dalam Perpres itu mendapat peran membantu Menteri dalam melakukan pengawasan dan pendampingan berharap bisa bergandengan tangan untuk membangkitkan prestasi  olahraga nasional.


"Setelah turunnya Perpres Nomor 95 Tahun 2017 dan juga dalam mengemban tugas mewujudkan sukses prestasi dalam Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Indonesia maka acara ini amat strategis bagi kami. Ke depan diharapkan melalui peran pewarta atau wartawan olahraga program dan langkah KONI Pusat dalam pembinaan prestasi olahraga bisa lebih tersosialisasikan dan teresonasikan. Dengan demikian akan bergaung ke penjuru Tanah Air untuk membangkitkan prestasi olahraga nasional," kata Ketua Bidang Media dan Humas KONI Pusat, Marsma TNI (Purn) Aziz Manaf saat membuka acara Bimbingan Teknis Media Olahraga Mendukung Pencapaian Olahraga Nasional di Jakarta.


Pada acara yang berlangsung di Hotel 88, Jakarta, Jumat (24/11/2017) - Sabtu (25/11/2017) itu, Bapak Aziz menjelaskan, sesuai dengan Perpres Nomor 95 Tahun 2017, setelah menerima pelimpahan tugas maka KONI Pusat berharap segera ada petunjuk teknis tentang tugas-tugas yang dilaksanakan, Dari sini KONI Pusat bersama-sama para pewarta olahraga bisa berkesepahaman meresonansikan kebangkitan prestasi olahraga Indonesia.  


"Ketua Umum KONI Pusat Pak Tono (Suratman) dan para wakil Ketua Umum KONI Pusat sering mengemukakan, sebaik apapu program dan sesempurna apa pun tugas yang dilaksanakan KONI Pusat tidak akan ada gaungnya tanpa pemberitaan dari para pewarta olahraga. Jadi saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran para pewarta dalam acara ini," ujar Pak Aziz.

Lebih lanjut Pak Azis mengaku, KONI Pusat tidak menutup diri mengajak SIWO untuk berdiskusi tentang olahraga. Karena bagaimanapun, wartawan lebih banyak mengerti dengan kondisi atlet dan situasi di lapangan. Dan ia mengharapkan masukan-masukan yang diberikan disertai dengan fakta yang akurat.


“Kami tentu mengharapkan masukan-masukan yang bermanfaat untuk membangun prestasi olahraga nasional. Jika kami ada kekuarangan mari kita duduk bersama dan kita cari solisinya,” lanjut Pak Azis kepada  wartawan cetak, televisi, online, dan radio yang mengikuti acara tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Gungde Ariwangsa SH mengemukakan, seteah dibuka Pak Aziz, acara yang diprakarsai Humas KONI Pusat berkerjasama dengan SIWO PWI Pusat ini berlangsung dengan sukses. Diskusi menghiasi setiap nara sumber memberi paparan. Tampil sebagai pembicara Wakil II Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga, M. Nigara, Wakil II Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Del Asri, S.Si., M.Pd, wartawan senior Tubagus Adhi dan  Wakil V Ketua Bidang Sport Science dan IPTEK (Fisiolodi Dr. Leane Suniar.


Sebelum menutup acara Bung Gungde Ariwangsa mengaku bangga melihat antusias puluhan wartawan yang dengan serius mengikuti sesi demi sesi. Apalagi para pembicara  juga menyajikan materi yang menyangkut isu hangat olahrag nasional saat ini.


"Pak Nigara menyajikan masalah kesejahteraan para pelaku olahraga khususnya para atlet yang belum mendapat dasar hukum yang kuat. Kemudian Pak Del Asri dengan detail menyajikan peluang cabang olahraga andalan Indonesia di Asian Games 2018 mendatang. Ibu Leane memaparkan tentang pentingnya sport sciene untuk mencapai prestasi optimal para atlet. Kemudian senior saya Bang TB Adhi memberi pengalaman tentang peliputan multi event khususnya Asian Games," ujar Pak Gungde yang juga Ketua Harian SIWO PWI Pusat itu.

 

Menurut Pak Gungde, dari acara ini dapat dipetik beberapa kesimpulan yaitu:

1. Bimbingan Teknis Media Olahraga Mendukung Pencapaian Olahraga Nasional yang dilaksanakan Bidang Media dan Humas KONI Pusat memiliki nilai strategis dalam menghadapi Asian Games 2018 di Indonesia apalagi setelah lahirnya Perpres Nomor 95 Tahun 2017 yang memberikan peran pengawasan dan pendampingan kepada KONI Pusat dalam peningkatan prestasi olahraga nasional.

2. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mendorong peningkatan kesejahteraan atlet-atlet nasional pascapensiun dari dukungan para pemangku kepentingan olahraga. Peningkatan kesejahteraan atlet-atlet nasional perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, parlemen, pengurus cabang-cabang olahraga, maupun para tokoh olahraga.

3. Untuk memenuhi target pemerintah menembus posisi 10 besar Asian Games 2018, Indonesia harus bisa meraih 15 - 24 medali emas. Peluang itu terbuka jika dalam waktu yang tersisa semua stakeholeder olahraga Indonesia bergerak cepat dan fokus. Dalam waktu delapan bulan ini fokus sudah diarahkan ke nomor andalan emas


4. Para pelatih dan atlet perlu terus mengasah diri dengan mengikuti perkembangan Sport Science dan IPTEK olahraga yang berperan penting dalam pembinaan prestasi.  


5. Media perlu menyiapkan diri dengan baik dalam melakukan liputan multi event karena memiliki potensi untuk menyukseskan target prestasi dan penyelenggaraan Asian Games 2018. Media, khususnya pewarta olahraga, mempunyai peran penting dalam membangkitkan prestasi olahraga Indonesia.

6. Untuk meningkatkan kerjasama KONI Pusat dan media dalam meresonasikan peningkatan pembinaan olahraga nasional diharapkan ada Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah) yang dilaksanakan secara berkala oleh KONI Pusat dan para pewarta olahraga.

7. Demi makin mengintensifkan sosialisasi dan resonansi program dan langkah pembinaan prestasi KONI Pusat melalui media olahraga perlu dihidupkan kembali Press Room di Gedung KONI Pusat.