(Jakarta, 8/1/2018). Ketua Umum KONI Pusat menerima Ketua CdM Asian Games 2018 Untuk Indonesia
Family Gathering KONI Pusat Tahun 2017 di Cikole, Suban Jawa Barat..
Ketum KONI Pusat Tono Suratman foto bersama Atlet peraih Penghargaan KONI Award tahun 2017 di Hotel Bidakara Jakarta.
Kegiatan Rangakaian HUT ke-79 KONI
ZIARAH (Rabu, 11 Oktober 2017) Wakil IV Ketua Umum KONI Pusat K. Inugroho bersama para Pengurus dan Karyawan/ti ziarah di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.
Rapat Koordinasi dan Konsultasi KONI Pusat tahun 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta.
Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman Wakil I Ketua Umum Suwarno, dan Sekretaris Jenderal KONI Pusat E. F Hamidy menghadiri rapat terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, membahas perkembangan persiapan Asian Games XVIII 2018.
Seminar Nasional Pembangunan Olahraga Nasional di Lemhannas RI, Jakarta.
(Jakarat, 20/10/2017). Ketua Umum KONI Pusat Mendampingi Menteri PMK meninjau Venue Asian Games 2018
Pengurus KONI 2015-2019
(Jakarta 11/01/16). Kerja Cerdas, Kerja Keras, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas

(Semarang, 11 Januari 2018). Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman SIp melantik dan mengukuhkan pengurus KONI Provinsi Jawa Tengah masa bakti 2017 – 2021 yang dipimpin Ketua Brigjen TNI (Purn) Subroto.

Pelantikan dilaksanakan di Wisma Perdamaian Semarang, Kamis (11/1/2019). Pejabat pemerintah seperti Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko, Kadisporapar Jateng Urip Sihabudin, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman dan Rektor Unnes Fathur Rokhman, perwakilan pengurus cabang olahraga dan pejabat lainnya tampak hadir dalam acara tersebut.

Suasana unik terjadi saat pelantikan, pembawa acara menggunakan bahasa daerah saat memandu jalannya kegiatan. Lagu Indonesia Raya dan Mars Olahraga mengawali hikmatnya upacara pelantikan ketua KONI baru dan jajarannya.

Ketua Umum KONI Bapak Tono Suratman melantik Ketua KONI Jateng terpilih dengan proses simbolik penyerahan bendera KONI yang dilanjutkan dengan pemasangan pin dan penandatangan surat keputusan.

Dalam sambutannya Bapak Tono Suratman mengemukakan,  Jateng butuh penguatan anggaran pembinaan olahraga, infrastruktur yang memadai serta kualitas SDM jika ingin menaikkan prestasi di arena PON. Selama ada dana, program pembinaan yang telah disusun bisa berjalan.

”Hampir semua referensi yang saya baca, anggaran memegang peran sentral untuk kegiatan olahraga. Saya percaya Pak Broto memiliki konsep pembinaan dan mampu membawa KONI Jateng ke arah yang lebih baik. Tinggal  bagaimana pemerintah provinsi ikut mendukung mengembangkan olahraga dengan anggaran yang disesuaikan PAD,” kata Ketum KONI Pusat.

Lebih lanjut Bapak Tono menyebut, saat ini pihaknya terus mendorong kepada Pemerintah Pusat agar ikut memperhatikan pembinaan olahraga di Tanah Air dengan mengalokasi anggaran yang cukup. ”Jika ada Dana Desa sebesar Rp 120 triliun per tahun, paling tidak kita usulkan Rp 4 triliun untuk olahraga,” katanya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua KONI Jateng Brigjen TNI (Purn) Subroto menyampaikan terima kasih atas mandat yang dipercayakan kepadanya. “Tugas berat menanti saya ke depan, saya harus meningkatkan prestasi atlet, meningkatkan kesejahteraan atlet, namun dana terbatas,” ucap Pak Subroto.

Beliau  menambahkan, prestasi kontingen Jawa Tengah di ajang PON sebenenarnya tidak terlalu buruk, dengan anggaran di peringkat 13 dibanding kontingen lain, namun bisa finish di posisi 4. Merasa tidak puas dengan hasil itu, pihaknya dan seluruh pemangku kepentingan akan secepatnya melakukan evalusi guna mempersiapkan PON 2020 Papua.

Dengan dilantiknya ketua baru, diharapkan akan melahirkan prestasi baru kontingen Jawa Tengah. Selain itu, kesejahteraan atlet juga harus ditingkatkan agar semakin berprestasi lagi.

Dipihak lain, pihaknya  akan memberikan warning pada atlet yang tak kunjung memberikan prestasi. Para atlet itu akan dicoret  dari daftar binaan KONI Jateng jika daya saingnya tak kunjung menunjukkan grafik yang meningkat.

Bapak Subroto menilai, saat ini banyak atlet Jateng yang kondisi fisiknya buruk karena malas berlatih, sehingga prestasinya jeblok. Karena itu, pihaknya pun akan melakukan tes fisik kepada para atlet tersebut dalam waktu dekat ini.

“Kami melihat data fisik atlet pada 2016 lalu sangat buruk. Kalau seperti itu terus bagaimana bisa berprestasi. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini kami akan mendata para atlet dan juga memberikan tes fisik maupun VO2Max untuk mengetahui kemampuan mereka,” ujar Pak Subroto.

Di bagian lain, Wakil Gubernur Jateng Bapak Heru Sudjatmoko mengakui bahwa Jateng juga berkeinginan meningkat prestasi olahraganya. Terkait dengan anggaran untuk menopangnya, dia menyebut dengan istilah gotong royong. ”Kepada pengurus KONI yang baru, selamat bertugas. Jaga sinergitas dengan semua pihak. Untuk anggaran, saya kira butuh proses. Kita mengggunakan gotong royong saja. Ada dana pemerintah dan mengetuk hati pengusaha dengan program CSR-nya,” kata Pak Heru. ***

Berikut susunan kepengurusan KONI Jateng periode 2017-2021 :

 

Ketua Umum: Brigjen TNI (Purn) Subroto

Wakil Ketua Umum I: Prof. Dr. H. R. Beni Riyanto

Wakil Ketua Umum II: Sudarsono

Wakil Ketua Umum III: Harry Nuryanto Soediro

Wakil Ketua Umum IV: Amir Mahcmud

Sekretaris Umum: Heny Setyawati

Bendahara Umum: Prasetya Budi Yuwono

Bidang Organisasi: F.X. Joko Priyono

Bidang Pembinaan Hukum Keolahragaan: Bona Ventura Sulistiana

Bidang Pembinaan Prestasi: Mugiyo Hartono

Bidang Pendidikan dan Penataran: Sapto Kunto Purnama

Bidang Ilmu Keolahragaan: Taufik Hidayah

Bidang Penelitian dan Pengembangan: Soedjatmiko

Bidang Pengumpulan dan Pengolahan Data: Buntat

Bidang Perencanaan Anggaran: Agus Supandito

Bidang Mobilisasi Sumber Daya: Giri Dahono

Bidang Kesejahteraan: I Nengah Segara Seni

Bidang Kerja sama Antarlembaga: Daniel Toto Indiyono

Bidang Media dan Humas: Darjo Soyat

Bidang Kesehatan: Mahalul Azam