Cetak

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengapresiasi sukses Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) menghadirkan trofi Piala Dunia Cricket ke Indonesia. Keberhasilan tersebut merupakan wujud kepercayaan Federasi Cricket Internasional (International Cricket Council) kepada PP. PCI dan juga makin memperkenalkan nama Indonesia dalam pergaulan masyarakat dunia.

“Ketua Umum KONI Pusat memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Karena cricket merupakan olahraga dunia maka kegiatan ini bagian dari masyarakat dunia. Tentunya Indonesia melalui PP PCI makin dikenal di masyarakat dunia,” kata Wakil II Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Pusat, Irfan Bactiar menyampaikan pesan Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dalam acara jumpa pers menyambut kedatangan Tropi Piala Dunia Cricket di area car freeday, Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta, Minggu (8/12/2019) pagi.

Irfan dalam sambutannya lebih lanjut mengemukakan, Indonesia patut berbangga atas kepercayaan ICC kepada PP PCI untuk mendapat kunjungan Trofi Piala Dunia yang merupakan rangkaian dari acara ICC World Cup Tour. Pasalnya, tidak semua negara mendapat kesempatan untuk dikunjungi tur ini. Di Asia Tenggara hanya Indonesia yang dipilih ICC.

“Lewat cricket Indonesia makin dikenal. Melalui olahraga Indonesia makin mendunia. Karena itu KONI Pusat sangat mendukung pengembangan dan pembinaan prestasi cricket di Indonesia. Salah satunya melalui program kerja sama dengan perguruan tinggi. Selain itu juga mendungkung agar cricket pasti dipertandingkan di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS),” ujar Irfan sambil menyampaikan salam dari Ketua Umum KONI kepada para pengurus PP PCI, para atlet, pelatih dan insan cricket yang hadir dalam acara tersebut.

Wakil Ketua Umum PP PCI Abhiram S Yadav kepada para wartawan menegaskan, tidak semua negara mendapat kepercayaan untuk dikunjungi Trofi Piala Dunia yang merupakan program dari ICC World Cup itu. Indonesia mendapat kepercayaan karena ICC antusias melihat perkembangan cricket yang bagus di Indonesia yang menyentuh perguruan tinggi dan lapisan masyarakat di tingkat kabupaten.

“Saya berharap kehadiran Trofi Piala Dunia ini bisa makin memotivasi perkembangan dan prestasi cricket di Indonesia. Apalagi Indonesia juga mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah babak penyisisihan Piala Dunia 2020. Dengan adanya acara ini, tim nasional kita juga makin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia di ajang kualifikasi sehingga mampu lolos ke Piala Dunia di India,” kata   Abhiram S Yadav.

Dia menambahkan, PP PCI akan memanfaatkan posisi sebagai tuan rumah  untuk mewujudkan peluang lolos ke Piala Dunia. Dalam babak kualifikasi yang berlangsung di Bali, April mendatang, Indonesia akan bersaing dengan Filipina, Jepang, Korea Selatan, Vanuatu, Samoa dan Papua Nugini. Dari kualifikasi ini hanya dipilih satu wakil yang kemudian akan berlaga lagi di kulifikasi fase kedua untuk merebut tiket langsung ke Piala Dunia.         

“Kami optimistis mampu lolos. Bahkan kami bertekad, tidak hanya bisa dilalui oleh Trofi Piala Dunia namun juga bisa membawa piala itu tetap berada di Indonesia,” ucap  Abhiram penuh semangat.

Acara pameran trofi Piala Dunia itu berlangsung meriah. Selain memamerkan piala, PP PCI juga memperkenalkan permainan cricket kepada masyarakat yang menikmati car free day. Banyak masyarakat yang tertarik untuk memukul si kulit bundar sambil mengenal permainan cricket. ***