KONI Pusat, KEMENPORA dan KSP Tinjau Kesiapan PON XX 2020 di Papua
Ketum KONI Pusat mengunjungi Team Softball Putri Indonesia pada perhelatan SEA Games 2019 Filipina
Foto Bersama Setelah Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.
Pengurus KONI PUSAT Tahun 2019-2023
Letjen TNI (Purn) Marciano Norman Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Pusat periode 2019-2023 dalam acara Musornas KONI di Hotel Sultan Jakarta secara Aklamasi.
Serah Terima Jabatan Ketua Umum KONI Pusat
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman Tatap Muka dengan Karyawan di Ruang Rapat Lantai. 10 Jakarta.

MIMIKA :Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang hanya beberapa bulan lagi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melakukan tinjauan kesiapan venue. Pada 11 Februari 2020, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman bersama Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Istanta, dan perwakilan Kantor Staf Presiden (KSP) meninjau kesiapan Kabupaten Mimika.

Secara umum Ketua Umum Marciano sampaikan pujian untuk kesiapan PON di Kabupaten Mimika, “Kesiapan Mimika baik, secara umum kesiapan luar biasa.”. Adapun beberapa kekurangan dapat dikejar sebelum PON dimulai, “Secara umum semua venue di Mimika dapat selesai sebelum PON.”, harap Ketua Umum.

Ketua Umum KONI Pusat juga sampaikan harapan PON akan berjalan aman, lancar dan banyak prestasi. “Saya berharap atlet pada PON Papua dapat pecahkan rekor nasional bahkan internasional karena fasilitasnya sudah baik.”.

Berikut beberapa venue yang ditinjau oleh KONI Pusat dan Kemenpora antara lain;

  1. Graha Eme Neme Yauware, tempat 2 kompetisi cabang olahraga yakni Judo dan Tarung Derajat. Lokasi gedung cukup dekat dengan rumah sakit, mengingat kebutuhan medis akibat cedera dalam pertandingan. Sekda Kabupaten Mimika, Marthen Paiding sampaikan bahwa terdapat 2 Rumah Sakit (RS) yang terdekat dari venue yakni RSUD Kabupaten Mimika dan RS Kharitas. Mencapai RS memerlukan waktu 15 menit dengan ambulans.
  2. Wisma Atlet sudah selesai dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
  3. Venue Panjat Tebing.
  4. Mimika Sport Complex atau MSC menjadi tempat olahraga Basket dan Atletik. Fasilitas yang dibangun oleh Freeport ini menyediakan arena untuk basket dengan kapasitas penonton 5.500 orang dan dua tribun atletik dengan kapasitas totalnya 4.000 penonton. Lintasan lari berbahan karet yang diimpor dari Jerman, rumput untuk atletik juga diimpor dari Swiss. MSC juga dilengkapi penginapan dengan desain rumah adat Papua yakni Onay.
  5. Gelanggang Olahraga (GOR) Biliar
  6. GOR Futsal memiliki kapasitas penonton 2.000 – 3.000 orang. Lantai futsal menggunakan bahan campuran plastik dan karet. Tersedia juga tempat pemanasan.

Perwakilan Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Istanta berpesan agar sukseskan branding PON. Papua perlu lakukan branding sebagai tuan rumah yang baik dan 33 provinsi yang datang menjadi peserta PON memiliki pandangan positif terhadap Papua.

Sekda Kabupaten Mimika, Marthen Paiding sampaikan bahwa semua venue dan fasilitas akan rampung pada Juli 2020.