JAKARTA (Senin, 26/2/2018): Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat memastikan cabang olahraga cricket resmi dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Jayapura, Papua. Dipastikan pula cricket  akan digelar di lapangan berstandar internasional.

Demikian dikemukakan oleh Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno dalam sambutannya saat membuka  secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PCI di Hotel Century Park Jakarta, Minggu (25/2/2018). Rakernas PCI yang berlangsung 25-26 Februari 2018 ini mengusung tema "Menuju ICC  Word Cup Melbourne, Australia 2019". 

"Tahun 2018 ini, lapangan cricket standar internasional akan dibangun di Jayapura, Papua. Lapangan yang dibangun dengan bantuan pemerintah pusat ini akan dijadikan tempat pertandingan cabor cricket PON 2020 ananti,” kata Suwarno.

Dalam Rakernas yang diikuti wakil dari PP PCI dan utusan 18 Pengprov PCI itu, Suwarno mengapresiasi keberhasilan PP PCI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Aziz Syamsuddin. Bukan saja dalam meraih prestasi namun juga mengembangkan olahraga cricket di Tanah Air.

"Saya apresiasi kerja keras pengurus PP PCI pimpinan Aziz Syamsuddin yang sukses menyiapkan Tim Cricket Indonesia meraih medali perak dan perunggu pada SEA Games Malaysia 2017. Ini prestasi yang tidak gampang diraih apalagi organisasi olahraga cricket baru berdiri," kata Suwarno 

Menyinggung tentang PON 2020, selain lapangan cricket, kata Suwarno, Papua juga akan memiliki lapangan hoki, kolam renang, istora (bulutangkis) dan velodroom balap sepeda juga dengan standar internasional.

Lebih jauh, Suwarno meminta semua pihak untuk mensukseskan pelaksanaan PON Papua 2020. "Sukses PON Papua itu sangat penting bagi Indonesia. Selain bisa menghasilkan atlet berprestasi internasional,  kita bisa meperlihatkan kepada dunia bahwa tidak ada diskriminasi di Papua.