Indonesia Marathon Diharapkan Motivasi Masyarakat di Tengah Pandemi

Ketua Umum KONI Pusat dan pelaksana Indonesia Marathon

Pandemi Covid-19 belum usai menebar ancaman di dunia, termasuk di Indonesia. Penularannya masih terus berlanjut hingga saat ini. Berbagai kegiatan harus melakukan penyesuaian demi upaya memutus mata rantai penularannya. Tak terkecuali beberapa agenda olahraga yang direncanakan pada tahun 2020.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat semula berencana menggelar kompetisi maraton, namanya adalah “Indonesia Marathon”. Kegiatan tersebut diagendakan pada Agustus 2020 dalam rangka merayakan ulang tahun Indonesia. Akan tetapi pendemi memaksa rencana kegiatan tersebut ditunda tahun depan.

Pada 10 September 2020, pertemuan antara penyelenggara dan pelaksana Indonesia Marathon di kantor KONI Pusat. PT Tata Media Prima selaku pelaksana menyampaikan tengah siapkan kegiatan maraton tersebut digelar tahun depan. Tepatnya, Indonesia Marathon akan digelar pada 8 Agustus 2021.

Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman menyambut baik semangat pantang menyerah pelaksana event. Sang Ketua juga sampaikan bahwa pegiat olahraga tidak boleh menyerah dengan kondisi pandemi yang ada. “Pegiat olahraga tidak boleh menyerah dengan keadaan”, tegas Marciano.

KONI Pusat mendukung cabang olahraga apapun yang tetap berupaya melakukan pembinaan olahraga prestasi meski di tengah pandemi. Tentunya dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna memutus penularan Covid-19.

Marciano ingin adanya kreativitas dalam menyelenggarakan kegiatan olahraga, salah satu yang disinggungnya adalah penerapan metode virtual. “Virtual bisa dikemas sedemikian rupa, sehingga pecinta Marathon ada tempat untuk bisa tampil”, ujarnya.

Adanya event olahraga yang digelar di tengah pandemi dapat berdampak positif bagi masyarakat. Menurutnya, kegiatan olahraga yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan dapat membuktikan bahwa pandemi bukan menjadi alasan untuk pasif.

Maraton merupakan salah satu event yang akan memotivasi masyarakat. Kondisi yang ada selama pandemi, masyarakat kerap diharapkan dengan pemberitaan negatif terkait Covid-19. Hal tersebut membuat masyarakat takut dan khawatir yang menjadi batasan baginya.

Indonesia Marathon yang mengusung tema “Menembus Batas Maksimal” harus mendorong batasan pandemi yang menyelimuti masyarakat. Namun demikian, penerapan protokol wajib diterapkan.