KONI Pusat Gelar Tes Covid-19 Bagi Seluruh Pengurus dan Karyawan

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih mengancam masyarakat Indonesia hingga saat ini. Beberapa hari terakhir bahkan DKI Jakarta mencatatkan angka kasus positif Covid-19 melampaui 1.000 pasien baru. Tepatnya sebanyak 1.114 kasus pada 30 Agustus dan sehari setelahnya sebanyak 1.029. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang berada di ibu kota turut melakukan langkah pencegahan dengan melakukan tes.

Pada 1 September 2020, KONI Pusat bersama Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar tes untuk seluruh pengurus dan karyawan KONI Pusat. BIN memfasilitasi rapid dan Polymerase Chain Reaction (PCR) Test Covid-19, mulai dari peralatan hingga tenaga medis. “Kami bersyukur mendapatkan dukungan dari BIN untuk mengantisipasi atau memutus mata rantainya dengan melakukan tes Covid-19”, jelas Sekretaris Jenderal KONI Pusat Tb.Ade Lukman. “Kami harapkan dengan adanya pengecekan ini, KONI Pusat bersama BIN dapat memutus mata rantai Covid-19”, terang Ade akan harapannya.

Koordinator Mobil Laboratorium dan Tim Medis Covid-19 BIN yakni Kolonel Inf. Budi Santoso, S.IP., M.H., hadir memimpin tes hari ini di Lantai 10 Kantor KONI Pusat. “Kami melaksanakan rapid dan swab masal di Kantor KONI Pusat atas perintah pimpinan kami, Bapak Kepala BIN.”, tegas pria yang akrab disapa Busan. Selain itu Budi juga menyampaikan yang bertugas melakukan pengetesan seluruh pengurus dan karyawan KONI Pusat adalah 20 tenaga medis profesional yang diantaranya juga ada 2 dokter lulusan universitas terbaik di Indonesia. 

Pengecekan di KONI Pusat dilakukan dengan Rapid Test terlebih dahulu, ketika ada yang hasilnya reaktif maka dilakukan Swab test. Budi juga jelaskan bahwa Swab yang dilakukan oleh timnya memiliki akurasi yang tinggi. “Ada tiga sampel yang diambil, hidung kiri, hidung kanan dan tenggorokan, kenapa diambil sampel tiga itu, karena untuk mendekati akurasi 99%”, jelas Budi. 

Fasilitas lain yang didatangkan BIN adalah Mobil Laboratorium. Menurutnya, fasilitas tersebut telah mendapatkan sertifikat Bio Safety Level (BSL) 2. Dengan sertifikasi tersebut, artinya Laboratorium tersebut telah penuhi standar internasional untuk melakukan ekstraksi dan running PCR. 

Tes kepada seluruh pengurus dan karyawan di lingkungan kantor KONI Pusat telah dilakukan dan berjalan lancar. Sekjen KONI Pusat mengapresiasi setinggi-tingginya untuk BIN yang memfasilitasi tes hari ini. “Semoga pandemi di Indonesia segera berakhir”, kata Sekjen KONI Pusat.